Daya Tarik Wisata Religi Pesantren Lansia Kasepuhan Raden Rahmat

Desa Gedong, Kabupaten Semarang, ditetapkan menjadi salah satu desa wisata dengan destinasi utama wisata religi melalui Keputusan Bupati Semarang, September 2020 lalu.

Salah satu tujuan wisata religi di Desa Gedong, adalah Pesantren Kasepuhan Raden Rahmat. Pesantren yang menjadi mitra pemerintah ini mendorong pengembangan kepariwisataan, dan membuka peluang usaha bagi para petani dan UKM.

Pondak Pesantren (Ponpes) Kasepuhan Raden Rahmat yang berada di Dusun Gedong. Desa Gedong, Banyubiru. Kabupaten Semarang memilikl keunikan tersendiri Sebab, selain santrinya didominasi kaum sepuh (lansia), lokasinya pun menawarkan panorama alam yang eksotis dan juga agamis.

Atas dasar itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang menetapkan ponpes yang berada di bawah naungan Yayasan Pitutur Luhur itu sebagai salah saru destinasi wisata religi. Ponpes ini dinilai telah mampu mendorong pengembangan kepariwisataan, dan juga membuka peluang usaha bagi para petani dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lengkap dengan kehidupan agamis didalamnya.

“Tanggal 25 September 2020 kami ditetapkan sebagai desa wisata rintisan dengan fokus wisata religi. Tidak hanya itu, kami juga menawarkan alternatif wisata alam yang eksotis serta pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kami benar-benar tidak menyangka bakal diamanahi hal itu oleh Dinas Pariwisata”.

Leave Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.